Pada hari Jumat, 16 Desember 2022, Kanwil DJPb Provinsi RIau melakukan koordinasi pelaporan keuangan pemerintah daerah dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai di BPKAD Kota Dumai. Kegiatan ini dihadiri oleh Yufrizal selaku Kepala Bagian Keuangan dan Nelly Wati selaku Kepala Bidang Akuntansi, beserta jajaran. Kegiatan ini dibuka oleh Setyarta selaku Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Kanwil DJPb Provinsi Riau dan dilanjutkan dengan pemaparan oleh Tri Priyatmo selaku Kepala Seksi ASPLK mengenai current issue konsolidasi LKPD, monitoring penyampaian LKPD Kota Dumai tahun 2021 berdasarkan ketepatan pengiriman penyampaian laporan, reviu piutang dan penyisihan piutang Kota Dumai berdasarkan LKPD Tahun 2021 Audited, rasio kinerja keuangan keuangan Kota Dumai semester I tahun 2022, serta kebijakan kas Pemerintah Kota Dumai terkait idle cash. Pemerintah Kota Dumai dalam hal ini sudah memanfaatkan idle cash-nya dengan baik melalui deposito yang dilakukan pada 4 bank (Bank Riau Kepri, BNI, BRI, BSI) sebesar Rp60M dan sudah dicairkan per 31 Desember 2021.

Selain itu, Kanwil DJPb Provinsi Riau juga melakukan sosialisasi PSAP 16 mengenai Perjanjian Konsesi Jasa dan PSAP 17 mengenai Properti Investasi sebagai bentuk pembinaan akuntansi terhadap Pemerintah Kota Dumai.

Diharapkan melalui kegiatan koordinasi ini, Kanwil DJPb Provinsi Riau selaku perwakilan Kementerian Keuangan di daerah dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah khususnya Kota Dumai agar dapat menghasilkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah yang andal dan tepat waktu sehingga membantu penyusunan laporan Government Finance Statistics menjadi lebih akurat yang dapat memberikan informasi mengenai keuangan pemerintah tingkat wilayah yang berguna dalam rangka perencanaan, analisis dan pengambilan kebijakan fiskal daerah.

 76 total views,  2 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.