Sehubungan dengan pelaksanaan rekonsiliasi data transaksi keuangan Tahun 2022, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Pemrosesan data dan penyusunan laporan keuangan pada seluruh Kementerian Negara/Lembaga (K/L) pada Tahun 2022 telah menerapkan Aplikasi SAKTI full module.
  2. Sebanyak 76 K/L yang baru akan menerapkan Aplikasi SAKTI pada Tahun 2022 harus melakukan migrasi data saldo persediaan, aset tetap/aset lainnya, dan saldo pos-pos lainnya pada neraca Tahun 2021 dari Aplikasi e-Rekon&LK.
  3. Namun demikian, proses migrasi saldo awal tersebut masih terkendala oleh adanya data anomali untuk persediaan, aset tetap/aset lainnya pada 1.293 satker dari beberapa K/L, yang perlu segera diselesaikan oleh masing masing satker terkait.
  4. Penyusunan petunjuk teknis penyelesaian data anomali dimaksud masih dalam pembahasan intensif oleh Kantor Pusat Ditjen Kekayaan Negara dan Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan, Kemenkeu RI.
  5. Berkenaan dengan hal-hal di atas, dapat disampaikan sebagai berikut:
  6. Proses akuntansi dan pelaporan keuangan dengan menggunakan Modul General Ledger dan Pelaporan pada Aplikasi SAKTI;
  7. Pelaksanaan rekonsiliasi bulanan untuk data laporan keuangan Tahun 2022 tingkat
    UAKPA;
  8. Penyusunan dan penyampaian laporan keuangan bulanan Tahun 2022 tingkat UAKPA;

belum dapat dilaksanakan (ditunda) sampai pemberitahuan lebih lanjut dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan. Terkait penundaan pelaksanaan rekonsiliasi dan penyampaian laporan keuangan sebagaimana dimaksud dalam angka 5, maka satuan kerja dihimbau untuk menatausahakan dokumen sumber atas seluruh transaksi Tahun 2022 dan melakukan pengisian data capaian output setiap bulan pada Aplikasi SAKTI.

*Penulis: Imam Agus S. (Kasi PSAPP-Kanwil DJPb Riau)

 27,517 total views,  1 views today

One thought on “Pelaksanaan Rekonsiliasi Antara UAKPA dan KPPN Tahun Anggaran 2022”

Leave a Reply

Your email address will not be published.