Dalam rangka efisiensi pelaksanaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan instansi agar sejalan dengan perubahan proses bisnis penyusunan laporan keuangan dan dukungan teknologi informasi maka Kementerian Keuangan menetapkan pedoman pelaksanaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan instansi melalui PMK Nomor 232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi. Hal ini selaras dengan program simplifikasi regulasi dari Kementerian Keuangan. PMK 232/PMK.05/2022 ini menggantikan PMK 222/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas PMK 177/PMK.05/2015 tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga dan 225/PMK.05/2016 tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual Pada Pemerintah Pusat yang selama ini digunakan sebagai dasar untuk penyusunan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga. Jadi, PMK ini sudah mulai digunakan untuk penyusunan dan penyampaian Laporan Keuangan Tahun 2022.

Adapun Isi dari PMK ini sebagai berikut:

1. Pendahuluan

Pembahasan mengenai latar belakang, tujuan, ruang lingkup, dan sistematika modul SAI.

2. Tata Cara Penyusunan dan Penyampaian LKKL

Pembahasan mengenai jenis dan periode pelaporan, prosedur penyusunan LK, pencatatan dan verifikasi, waktu penyampaian LK, serta jadwal penyusunan dan pengiriman LK K/L.

3. Struktur Organisasi Unit Akuntansi dan Pelaporan Keuangan KL

Pembahasan mengenai unit akuntansi dan pelaporan keuangan, unit penanggungjawab, serta struktur organisasi unit tersebut pada K/L.

4. Transaksi Keuangan dan Barang Milik Negara

Pembahasan mengenai perlakuan, tata cara pencatatan, dan penyajian transaksi keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) yang terjadi pada K/L.

5. Sistematika Laporan Keuangan

Pembahasan mengenai sistematika LK K/L yang terdiri dari Pernyataan Telah Direviu, Pernyataan Tanggung Jawab, Ringkasan LK, LRA, Neraca, LO, LPE, CaLK, dan Ikhtisar Laporan BLU.

6. Ilustrasi LKKL

Pembahasan mengenai ilustrasi LK pada setiap level unit akuntansi dan pelaporan keuangan yang mencakup UAKPA, UAPPA-W, UAPPA-E1, dan UAPA.

Sehingga format laporan keuangan dan telaah tentunya mengalam perubahan. Jangan lupa untuk melakukan update CaLK dan telaah terbaru sesuai dengan PMK 232/PMK.05/2022 mulai penyusunan LK Unaudited 2022 ini yaa…

Download
PMK 232/PMK.05/2022 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Instansi pada link ini.
Format LK sesuai PMK 232/PMK.05/2022 pada link ini.
Format Kertas Kerja Telaah sesuai PMK 232/PMK.05/2022 pada link ini.

 112 total views,  3 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.