Pada Rabu 16 Maret 2022, Bupati Bengkalis, Ibu Kasmarni didampingi sekda, asisten dan pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Bengkalis melakukan kunjungan dan koordinasi dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Bapak Ismed Saputra dan jajarannya.

Pada kesempatan tersebut, diselenggarakan juga FGD Pengelolaan Keuangan Negara bersama Kabupaten Bengkalis. Dalam kegiatan ini juga dibahas langkah-langkah koordinasi yang akan dilaksanakan kedua pihak dalam mengawal pelaksanaan APBD. Pelaksanaan anggaran di tahun sebelumnya menjadi bahan evaluasi bersama, termasuk terkait Dana Insentif Daerah (DID) Kabupaten Bengkalis, dan di tahun ini diharapkan kinerja APBD Kabupaten Bengkalis terus meningkat lebih baik.

Dalam koordinasi dan FGD tersebut, Bupati Bengkalis, Ibu Kasmarni menyampaikan terkait pelaksanaan APBD tahun 2021 dan langkah strategi pelaksanaan APBD tahun 2022, serta mendiskusikan bagaimana peningkatan kualitas layanan publik di Bengkalis. Telah banyak berbagai inovasi layanan yang telah dilakukan oleh Pemkab Bengkalis, diantaranya:

1. Pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan metode jemput bola;

2. Pencetakan KTP menggunakan mobil keliling;

3. Pelayanan puskesmas yang modern dan nyaman;

4. Pendaftaran pengobatan dan layanan pengantaran obat ke masyarakat menggunakan aplikasi;

5. Pemberian ambulan setiap kelurahan;

6. Tambahan dana desa sebesar 1 miliar dari APBD diluar alokasi Dana Desa dari Pempus;

7. Honor pendamping desa yang dialokasikan dari APBD.

Layanan publik yang baik adalah harapan masyarakat. Hal ini merupakan esensi dari otonomi daerah dalam peningkatan kualitas layanan publik yang bisa di butuhkan oleh masyarakat. Sukses buat Pemkab Bengkalis. Perlu publikasi lebih atas berbagai inovasi layanan ini, dan semoga dapat sebagai benchmark bagi daerah lain.

 3,087 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.