ditulis oleh: Winarni (pegawai DJPb Riau)

Sehubungan dengan penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga (LKKL) Tahun 2021 audited, dengan ini kami sampaikan hal-hal berikut:

  1. Kementerian Keuangan telah menyelesaikan pengembangan update Aplikasi Persediaan versi 21.1.0, SIMAK BMN versi 21.2.0, dan SAIBA versi 21.2.0 untuk digunakan dalam penyusunan LKKL Tahun 2021 Audited. Selain itu, telah dilakukan penyesuaian pada Aplikasi e-Rekon&LK.
  2. Pengembangan update Aplikasi Persediaan, SIMAK BMN, SAIBA, dan e-Rekon&LK tersebut antara lain mencakup hal-hal berikut:
    • Perbaikan atas temuan pada aplikasi versi sebelumnya.
    • Penyempurnaan fitur Kertas Kerja Konfirmasi (K3), antara lain terdiri dari: penyesuaian validasi data Barang Milik Negara (BMN) tidak normal; perbaikan pembentukan transaksi semu untuk mengatasi selisih data antara Aplikasi SIMAK BMN dan e-Rekon&LK; proses normalisasi otomatis; penyesuaian monitoring data K3; penyediaan laporan yang terdampak K3.
    • Penyediaan menu Koreksi Persediaan.
    • Pengiriman data detail persediaan dalam rangka pembentukan saldo awal SAKTI.
    • Penyelesaian selisih saldo persediaan antar aplikasi.
  3. Dengan mempertimbangkan urgensi kebutuhan update aplikasi dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang lebih berkualitas serta persiapan migrasi (pembentukan saldo awal) SAKTI tahun 2022, seluruh satker di K/L yang belum menerapkan SAKTI secara penuh wajib:
    • Melakukan pemutakhiran Aplikasi Persediaan versi 21.1.0, SIMAK BMN versi 21.2.0, dan SAIBA versi 21.2.0.
    • Menggunakan update aplikasi dimaksud dalam penyusunan LKKL Tahun 2021 audited, dengan berpedoman pada petunjuk penggunaan dan penjelasan update sebagaimana terlampir.
  4. Seluruh satker di K/L yang belum menerapkan SAKTI secara penuh agar melakukan pengiriman data ulang dari Aplikasi Persediaan ke SIMAK BMN dan SAIBA, serta mengunggah ulang data SAIBA ke e-Rekon&LK, kecuali untuk satker yang memenuhi seluruh kriteria berikut:
    • Telah berstatus inaktif tidak bersaldo.
    • Tidak terdapat selisih data antara Aplikasi Persediaan, SIMAK-BMN, dan SAIBA dengan data pada Aplikasi e-Rekon&LK.
    • Tidak terdapat data BMN tidak wajar dalam validasi K3 2020 dan K3 2021 pada Aplikasi SIMAK BMN dan Aplikasi e-Rekon&LK.
  5. Periode buka tutup Aplikasi e-Rekon&LK dalam rangka pengunggahan ulang data SAIBA beserta ketentuan mengenai reset BAR bulan Desember 2021 oleh KPPN akan diatur lebih lanjut dalam surat terpisah.
  6. Satker dan K/L agar mengidentifikasi pemutakhiran data yang terjadi sebagai dampak penggunaan update Aplikasi Persediaan versi 21.1.0, SIMAK BMN versi 21.2.0, SAIBA versi 21.2.0, dan e-Rekon&LK. Pemutakhiran data tersebut agar dikoordinasikan dan diajukan ke BPK sebagai penyesuaian (koreksi audit), untuk disajikan dalam LKKL Tahun 2021 Audited.
  7. Berdasarkan hal-hal di atas, seluruh satker lingkup K/L agar dapat mengunduh update aplikasi tersebut pada laman https://hai.kemenkeu.go.id/downloads/aplikasi untuk digunakan dalam penyusunan laporan keuangan tahun 2021 audited dan mengoptimalkan peran unit eselon I dan APIP K/L dalam memonitor kualitas data BMN dan keuangan seluruh satker dengan menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada Aplikasi e-Rekon&LK.

 62,591 total views,  1 views today

Leave a Reply

Your email address will not be published.